KULIAH TAMU BUSINESS PRACTICE 4 Tentang Manufaktur, Retail & Service BERSAMA Dr.David S. Kodrat, MM, CPM
![]() |
Malang, 07 April 2016. Tim Fasilitator BP4 mengadakan kuliah tamu pertama diruang Theather perguruan tinggi Asia, untuk melatih Mahasiswa Mahasiswi Asia Semester 4 lebih mengenal perusahaan Manufaktur, Retail & Service dalam aktifitas utama dan 4 fungsi bisnis ( Production, Marketting, Finance, HRD). Bukan main main, Tim Fasilitator langsung mengundang Pembicara : Bapak Dr.David S.Kodrat,MM.CPM yang lebih komplit dalam bidangnya.
Diawal
kuliah tamu, mahasiswa diuji dengan pemanasan otak yang bertujuan untuk
merefresh Audient ( Mahasiswa ) untuk terlibat langsung dalam materi materi
yang akan disajikan oleh Pembicara. Hasilnya luar biasa, dari awal hingga akhir mahasiswa sangat
antusias mengikuti point to point yang
tersajikan. Sampai mahasiswa ikut turut
serta mempraktekan mekanisme produksi dengan metode sederhana. Missal,
pada saat hitungan satu. Audient dianjurkan untuk memindahkaan ballpoint temen
mahasiswa yang duduk disampingnya ke
posisinya hingga hitungan ketiga. Namun ketika hitungan ke empat peserta
dianjurkan untuk melakukan feedback.
![]() |
MANUFAKTUR :
PERUSAHAAN YANG MENGUBAH BAHAN MENTAH MENJADI BARANG JADI UNTUK DIJUAL
PERUSAHAAN YANG MENGUBAH BAHAN MENTAH MENJADI BARANG JADI UNTUK DIJUAL
KARAKTERISTIK INDUSTRI MANUFAKTUR :
1. ADA
PROSES PENGOLAHAN BAHAN BAKU SAMPAI MENJADI PRODUK
2. SETIAP
WORK STATION AKAN MENGKONSUMSI BIAYA
3. REVENUE
DITENTUKAN OLEH “KEUNGGULAN KOMPETITIF” PERUSAHAAN DALAM MENGHASILKAN PRODUK
CONTOH
YANG DIGUNAKAN ADA PADA PERUSAHAAN PT. DENSO INDONESIA
RETAIL :
PERUSAHAAN RITAIL ADALAH
PERUSAHAAN YANG MENJUAL BARANG DAN JASA DARI SEJUMLAH KOMODITAS KEPADA
KONSUMEN.
KRITERIA PEMILIHAN
SALURAN DISTRIBUSI :
- MEMILIKI JARINGAN DISTRIBUSI YANG LUAS
- MEMILIKI KAPASITAS KEUANGAN
- MEMILIKI ARMADA PENGIRIMAN DAN PENJUALAN
- MEMILIKI CAKUPAN AREA YANG LUAS
- MEMILIKI PENGALAMAN DALAM MENDISTRIBUSIKAN PRODUK SEJENIS
- MEMILIKI TINGKAT LAYANAN YANG BAIK
- MEMPUNYAI KEMAMPUAN, REPUTASI, DAN SEJARAH PRESTASI PERANTARA YANG BAIK
KARAKTERISTIK
INDUSTRI RETAIL:
- PERUSAHAAN MEMBELI BARANG UNTUK DIJUAL KEMBALI
- KESUKSESAN PERUSAHAAN DITENTUKAN OLEH DISTRIBUSI
- REVENUE DITENTUKAN OLEH “SALURAN DISTRIBUSI” YANG DIGUNAKAN PERUSAHAAN.
CONTOH YANG
DIGUNAKAN ADA PADA PT. ARTA BOGA CEMERLANG
JASA :
PERUSAHAAN JASA ADALAH
PERUSAHAAN YANG MENJUAL JASA (PELAYANAN) UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN KONSUMEN.
KARAKTERISTIK
PERUSAHAAN JASA :
- PERUSAHAAN MENJUAL JASA PELAYANAN (BUKAN BARANG)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar