Rabu, 13 April 2016

KULIAH TAMU BUSINESS PRACTICE 4 Tentang Manufaktur, Retail & Service BERSAMA Dr.David S. Kodrat, MM, CPM



              Malang, 07 April 2016.  Tim Fasilitator BP4 mengadakan kuliah tamu pertama diruang Theather perguruan tinggi Asia, untuk melatih Mahasiswa Mahasiswi Asia Semester 4 lebih mengenal perusahaan Manufaktur, Retail & Service dalam aktifitas utama dan 4 fungsi bisnis ( Production, Marketting, Finance, HRD). Bukan main main, Tim Fasilitator langsung mengundang Pembicara :  Bapak Dr.David S.Kodrat,MM.CPM yang lebih komplit dalam bidangnya.
                Diawal kuliah tamu, mahasiswa diuji dengan pemanasan otak yang bertujuan untuk merefresh Audient ( Mahasiswa ) untuk terlibat langsung dalam materi materi yang akan disajikan oleh Pembicara. Hasilnya luar biasa,  dari awal hingga akhir mahasiswa sangat antusias  mengikuti point to point yang tersajikan. Sampai mahasiswa ikut turut  serta mempraktekan mekanisme produksi dengan metode sederhana. Missal, pada saat hitungan satu. Audient dianjurkan untuk memindahkaan ballpoint temen mahasiswa yang duduk disampingnya  ke posisinya hingga hitungan ketiga. Namun ketika hitungan ke empat peserta dianjurkan untuk melakukan feedback. 



            
  

















MANUFAKTUR :
                PERUSAHAAN YANG MENGUBAH BAHAN MENTAH MENJADI BARANG JADI UNTUK DIJUAL
KARAKTERISTIK INDUSTRI MANUFAKTUR :
1.       ADA PROSES PENGOLAHAN BAHAN BAKU SAMPAI MENJADI PRODUK
2.       SETIAP WORK STATION AKAN MENGKONSUMSI BIAYA
3.       REVENUE DITENTUKAN OLEH “KEUNGGULAN KOMPETITIF” PERUSAHAAN DALAM MENGHASILKAN PRODUK
CONTOH YANG DIGUNAKAN ADA PADA PERUSAHAAN PT. DENSO INDONESIA
RETAIL :
                PERUSAHAAN RITAIL ADALAH PERUSAHAAN YANG MENJUAL BARANG DAN JASA DARI SEJUMLAH KOMODITAS KEPADA KONSUMEN.
KRITERIA PEMILIHAN SALURAN DISTRIBUSI :
  1. MEMILIKI JARINGAN DISTRIBUSI YANG LUAS
  2. MEMILIKI KAPASITAS KEUANGAN
  3. MEMILIKI ARMADA PENGIRIMAN DAN PENJUALAN
  4. MEMILIKI CAKUPAN AREA YANG LUAS
  5. MEMILIKI PENGALAMAN DALAM MENDISTRIBUSIKAN PRODUK SEJENIS
  6. MEMILIKI TINGKAT LAYANAN YANG BAIK
  7. MEMPUNYAI KEMAMPUAN, REPUTASI, DAN SEJARAH PRESTASI PERANTARA YANG BAIK
KARAKTERISTIK INDUSTRI RETAIL:
  1. PERUSAHAAN MEMBELI BARANG UNTUK DIJUAL KEMBALI
  2. KESUKSESAN PERUSAHAAN DITENTUKAN OLEH DISTRIBUSI
  3. REVENUE DITENTUKAN OLEH “SALURAN DISTRIBUSI” YANG DIGUNAKAN PERUSAHAAN.
CONTOH YANG DIGUNAKAN ADA PADA PT. ARTA BOGA CEMERLANG
JASA :
                PERUSAHAAN JASA ADALAH PERUSAHAAN YANG MENJUAL JASA (PELAYANAN) UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN KONSUMEN.
KARAKTERISTIK PERUSAHAAN JASA :
  1. PERUSAHAAN MENJUAL JASA PELAYANAN (BUKAN BARANG)
KESUKSESAN PERUSAHAAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar